BLANTERVIO102

11 November 2018
instagram/@ekanata_

Hari kedua ngegembell di Bali ane mulai dengan perjalanan ke Pantai Sanur buat menikmati keindahan Matahari Terbit. Kalau Kuta punya Sunset yang indah tiada tara, Sanur memiliki Sunrise yang luar biasa memikat hati, jiwa dan raga. Nggak percaya? Buktiin sendiri kesana! Nggak mahal kok, seriusan! Baca artikel ane sebelumnya yang berjudul TIKET PROMO AIRASIA + HOTEL 2018/2019 MULAI IDR 850K | Tiket AirAsia ke Bali, Jakarta, Singapore, Kuala Lumpur Termurah dan baca juga artikel Pengalaman Pertama Solo Travelling ke Bali 3 Hari 2 Malam Cuma 500 ribuan!! buat referensi. Promo dikit boleh lah yaaa, hihihi.

Dengan mengendarai sepeda motor yang ane sewa dari Rental Motor Bali Jaya sebesar 60 ribu rupiah per hari, perjalanan hari ini siap untuk dimulai. Berbekal GPS dari mbah Google yang Maha Tahu tapi banyak nyasarnya, perjalanan ane mulai dari RedDoorz Benesari 2 menuju Pantai Sanur di Denpasar selama 45 menit. Namanya juga Google Maps, kalo belum ngebuat nyasar orang belum afdhol sepertinya. Waktu tempuh yang harusnya 30 menit bisa jadi 45 menit karena ane di bikin muter-muter dan berakhir di tempat parkir yang salah pula.

instagram/@gembell_bpckr

Harusnya tempat parkir sepeda motor ada di depan Pintu Masuk Pantai Sanur dan begitu memasuki area Sanur, kita akan melihat Gazebo di atas Karang yang memjadi ikon Pantai Sanur. Harusnya sih gitu yaak, tapi pada kenyataannya tidak. Ane harus berjalan sekitar 500 meter buat menuju ke Pintu Masuk Pantai Sanur dan mengabadikan foto di atas. Tapi ada enaknya juga sih, jadi nggak bayar uang parkir hihihi.

Waktu Sunrise di Pantai Sanur

instagram/@gembell_bpckr

Oh yaa, sama seperti waktu sunset di Kuta, waktu sunrise di Sanur pun berbeda dengan waktu sunrise di Indonesia Bagian Barat. Ane pikir udah ketinggalan momen Matahari Terbit  nya karena ane nyampe di Sanur udah jam 6 pagi, ternyata matahari nya baru mulai nongol sob.

Jadi waktu sunrise di Bali itu sekitar jam 05.30-06.00 WITA. Ane keluar dari hotel jam 05.15 pagi tuh berasa masih jam 4 pagi, gelap gulita dan bener-bener sepi. Biasanya kehidupan malam di bali (tepatmya di Kuta) akan berhenti sekitar jam 2-3 dini hari.

Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Matahari Terbit

instagram/@gembell_bpckr

Berharap mendapat golden sunrise di hari kedua, tapi kenyataan tak sesuai harapan. Hujan gerimis turun di sepanjang pagi dan membuat langit menjadi mendung seperti hati ini. Hiks Hiks. Tapi tak apalah, meskipun dengan malu-malu sang mentari masih mau menampakkan dirinya dengan cantik dan mempesona. Mendung aja kayak gitu bentuknya, gimana kalo dapet golden sunrise nya sob. Pasti sangat amazing sekali! Itu tandanya ane disuruh dateng lagi buat ngeliat Golden Sunrise Sanur, ahh Siapp!!

Letak Pantai Sanur yang menghadap lurus ke arah timur membuat nya memiliki panorama matahari terbit yang luar biasa. Ane saranin kalo mau jalan-jalan ke Bali dan punya sunset-sunrise mission, jangan datang di musim hujan atau di saat pergantian musim. Datanglah di musim kemarau antara bulan Januari-Juli, ane jamin sobat akan melihat keindahan Matahari Terbit dan Tenggelam yang bikin mulut tak bisa berkata-kata.

Penyeberangan ke Nusa Penida dari Pantai Sanur

instagram/@senolrawks

Di Pantai Sanur ini juga ada pelabuhan yang biasa digunakan buat menyeberang ke Pulau Nusa Penida sob. Kita akan menjumpai banyak sekali Kapal Cepat atau Fast Boat yang terpakir dengan rapi di sepanjnag bibir pantai dan ada banyak booth penjualan tiket penyeberangan. Harga tiketnya relatif murah kok, berkisar antara 75-100k sekali jalan atau 150-200 ribuan untuk pulang pergi. Tergantung kita nya yang pinter-pinter nawar dan memilih.

Jam keberangkatan fast boat menuju Nusa Penida dari Sanur dimulai dari pagi sekitar jam 8 sampai sore hari sekitar jam 5, begitupun sebaliknya dari Nusa Penida ke Sanur. Waktu tempuhnya sangat cepat, cuma 30 menit.

Kalu mau naik Kapal Ferry juga bisa kok, tapi dari Pelabuhan Lembar dan memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2 jam dengan harga tiket yang nggak beda jauh. Bedanya kalo naik Kapal Ferry kita bisa bawa kendaraan ke Nusa Penida dari Bali.

Ane sih mending naik Fast Boat yak, entar di Nusa Penida tinggal nyewa motor buat jalan-jalan. Oh yaa, kita nggak bisa bawa motor kalo naik fast boat. Jadi sepeda motornya bisa dititipkan di Sanur atau bisa juga naik Ojek Online buat menuju ke Sanur. Jangan tanya pengalaman ane ke Nusa Penida yak, ane belum pernah kesana. Mungkin ada yang mau ngajakin ke Nusa Penida? Hayuk lah!

Sejarah dan Asal-Usul Sanur

instagram/@roy.andrew

Menurut Para Sesepuh BALI, Kata Sanur terdiri dari suku kata Sa yang berarti Tunggal dan Nur yang berarti Cahaya atau Sinar. Maka Sanur mempunyai arti sebagai tempat jatuhnya cahaya mistik atau cahaya Dewa. Pada jaman dahulu pula, Sanur dijadikan sebagai tempat tinggal orang-orang suci dan mereka yang ingin menguasai ilmu Leak.

Begitupun pada masa Kolonial Belanda, Desa Sanur dijadikan sebagai tempat pendaratan tentara Belanda yang akan melawan Kerajaan Badung karena dianggap membangkang terhadap Pemerintah Jepang. Kemudian Perang tersebut dikenal swebagai Puputan Badung.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sanur

instagram/@gembell_bpckr

Oh yaa, lokasi Pantai Sanur sendiri ada di Desa Sanur, Denpasar Selatan, Bali dan bisa ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Denpasar. Harga tiket masuknya GRATIS dan hanya dikenakan uang parkir 3 ribu rupiah untuk 1 sepeda motor atau 5 ribu rupiah untuk 1 mobil. Atau mau bener-bener gratis seperti ane kemarin? Silahkan ikuti panduan Google Maps yang ane sediakan di bawah (tapi jangan salahin ane kalo rada muter wkwk).

INFORMASI PENTING

Harga Tiket Masuk Pantai Sanur : Free
Harga Tiket Penyeberangan ke Nusa Penida : 150k PP
Jam Operasional Pantai Sanur : 24 Jam
Alamat Pantai Sanur : Desa Sanur, Denpasar Selatan, Bali

Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell