BLANTERVIO102

Pantai Kuta Bali, Pantai Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Matahari Tenggelam di Pulau Dewata

7 November 2018
instagram/@hematkebali

Tujuan pertama ane saat ngegembell di Pulau Dewata Bali adalah menikmati indahnya Sunset di Pantai Kuta. Ane mau membuktikan kalau sunset di Pantai Kuta adalah sunset terbaik di Pulau Bali. Dan demi pembuktian itu pula, ane rela sama sekali nggak istirahat setelah mendarat dengan selamat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Pukul 15.00 WITA Pesawat AirAsia XT 8455 tujuan SOLO-DENPASAR mendarat dengan tragedi delay satu jam yang menyusahkan dan menjengkelkan. Gimana nggak bikin jengkel coba, schedule ane jadi berantakan. Harusnya ane bisa bersantai dan istirahat sekitar satu jam di Hotel, akhirnya harus kejar-kejaran sama waktu buat mendapatkan sunset di Kuta.

Untunglah Hotel tempat ane menginap ada di deket Pantai Kuta yaitu di RedDoorz Benesari 2 Kuta, sekitar 10 menit jalan kaki dari Pantai (review lengkap tentang hotel ini akan ane bahas di artikel yang lain, ditunggu yak). Alasan utama ane memilih hotel disini adalah letaknya yang sangat strategis, dekat dengan Pantai Kuta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (sekitar 20 menit perjalanan dengan sepeda motor).

Praktis ane cuma punya waktu 1 jam buat prepare di Hotel sebelum melangkahkan kaki menuju Pantai Kuta. Melangkahkan kaki disini dalam artian yang sebenarnya ya sob, bukan suatu makna kiasan. Jadi ceritanya ane jalan kaki dari Hotel menuju Kuta dengan bantuan Google Maps biar kayak bule-bule gitu, wkekekek.

Dan satu-satunya petunjuk jalan yang ane punya adalah Google Maps. Untunglah kali ini simbah google nggak menjerumuskan ane ke jalan yang salah. Iya kali ini doang sob, kali lain tetep aja bikin kesel si Mbah ini.

instagram/@emiri_221

Jalan kaki di Bali tuh rasanya beda sama jalan kaki di kota lain sob, beda banget. Minim polusi, trotoarnya udah dibuat dengan sangat nyaman dan kita bisa cuci mata ngeliat bule-bule bersliweran hihihi. Tapi kita harus tetap berhati-hati dengan pencopet dan semacamnya yak. Apalagi kita ada di daerah orang yang notabene merupakan tujuan wisata dunia, duhh surganya para pencopet itu. Yang penting tetep berhati-hati dan jangan meleng, dan yang paling penting adalah jangan menunjukkan barang berharga di tempat umum. Itu namanya bunuh diri sob! WASPADALAH, WASPADALAH!! Nah kan malah jadi Bang Napi gini. Oke kita lanjutkan bahas Kuta.
Jalan menuju ke Pantai Kuta itu di kelilingi buanyak banget pedagang cinderamata, tempat pijat, BAR, PUB, restaurant, cafe dan tempat-tempat nongki yang nggak ada matinya. Mereka biasa buka dari siang hingga dini hari dan tutup sekitar jam 4 sampai jam 10 pagi. Jadi jangan bingung dan kaget kalau sobat menginap di sekitar Kuta dan di tengah malam masih mendengar suara berisik dari Restaurant dan Cafe di sekitar situ.

instagram/@kellygrauwels

Alamat Pantai Kuta Bali

Setelah berjalan kaki sekitar 10 menit dari Hotel, akhirnya Gapura Pantai Kuta terpampang nyata di depan mata. Gapura yang nggak begitu besar dan terkesan 'sangat biasa saja' ini adalah pintu masuk menuju salah satu kepingan Surga Dunia. Sebuah pantai yang, sekali lagi 'sangat biasa saja' tapi mampu menyihir seluruh manusia di Bumi buat mengunjunginya. Alamat pantai yang satu ini ada di Jalan Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai Kuta memiliki karakteristik yang sama seperti pantai-pantai pada umumnya dengan hamparan pasir putih yang cenderung 'kotor' dari ujung ke ujung dan sangat panjang sekali. Sangat disayangkan Pantai yang sudah mendunia ini harus dikotori oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai macam sampah yang berserakan dimana-mana. Padahal nih ya tempat sampah udah terpasang hampir tiap 20 meter dan di sekitar para pedagang pun bertebaran banyak sekali tempat sampah. Sungguh mengenaskan sekali kesadaran manusia akan hal ini.

instagram/@jerryjc021

Best Sunset in Bali

Salah satu hal yang menjadi magnet bagi wisatawan dunia buat mendatangi Pantai Kuta adalah pesona sunset nya. Yaps, ane sudah membuktikan dengan mata kepala sendiri bagaimana cantiknya sang mentari saat tenggelam dengan anggunnya di ujung sana. Eh nggak juga ding, ane nggak liat sampe bener-bener tenggelam kok. Hihi.
Jadi gini sob, plan ane di hari pertama itu nyunset di Pantai Kuta dilanjutkan dengan beli oleh-oleh di Jogger Pabrik Kata-Kata dan Srimpi (ulasan lengkapnya di artikel lain yak, tapi belum ane buat hehe). Berhubung Jogger cuma buka sampe jam 8 malam dan ane harus jalan kaki dari Kuta menuju ke Jogger (sekitar 45 menit jalan kaki) jadi jam 6 ane harus udah mencelat ke Jogger. Nah kesalahan ane disini sob, ane nggak browsing-browsing dulu jam berapa waktu sunset di Bali. Ane mikirnya yang namanya sunset ya jam setengah 6, paling mentok jam 6 sore. But you know what? Sunset di Kuta baru terjadi pada jam setengah 7 malam, jadi waktu ane meninggalkan Pantai Kuta itu matahari baru condong ke barat dan sama sekali nggak bergerak turun sob.

instagram/@gembell_bpckr

Tapi meskipun begitu, langitnya bener-bener cantik sob. Foto di atas ane abadikan sesaat sebelum ane balik badan dan meninggalkan Pantai Kuta. Belum tenggelam aja udah cantik banget, pasti waktu tenggelam bikin speechless bener ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta

Oh ya, buat masuk ke Pantai Kuta kita nggak dipungut biaya satu rupiah pun alias GRATIS. Kalo bawa sepeda motor cuma bayar parkir 2 ribu perak dan kita bebas mengeksplor seluruh Pantai sampe capek. Saran ane sih kalo maen ke Pantai Kuta bawalah minum dan makanan sendiri karena makanan dan minuman yang dijual di sekitar Pantai punya harga standard bule alias MAHAL. Pokoknya hindari jajan atau beli apapun di sekitar Kuta kecuali kalian punya skill nawar ala emak-emak (ini beli oleh-oleh yak, bukan beli makanan dengan nawar).

instagram/@hematkebali

Dan kalo sobat dateng ke Kuta pada pagi, siang atau sore hari sebelum waktu sunset maka kita akan bisa menikmati atraksi dari para peselancar yang bermain surving disini. Dari anak-anak sampe orang lanjut usia pun ada yang bermain surving disini sob. Tapi ane cuma berkesempatan melihat beberapa peselancar yang beraksi karena waktu yang sudah sore dan cukup berbahaya.

Tau HardRock Caffee dong? Yes, HardRock Cafe ada di seberang Pantai Kuta dengan ikon Gitar nya yang super hits. Nggak ada salahnya juga buat berfoto selfi atau bahkan nongkrong-nogkrong cantik didalamnya sob. Tapi ya harus siap kantong jebol, mahal-mahal soalnya wkekekek.

Atau kalau mau ngadem dan nongkrong yang nggak bikin kantong jebol bisa juga masuk ke Beach Walk Mall yang ada di seberang Pantai Kuta sebelah uatara. Mall ini super banget sob, design nya ciamik abis. Banyak banget tempat nongkrong yang berkonsep outdoor di lantai dasar maupun lantai atasnya. Bisa ngemall sekaligus menikmati Pantai Kuta ini, mantap jiwa!

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta : Gratis
Jam Operasional Pantai Kuta: 24 Jam
Alamat Pantai Kuta : Jalan Pantai Kuta, Kuta, Badung, Bali

Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell