BLANTERVIO102

Sejarah, Alamat dan Suasana Alun-Alun Bandung Sekarang di Malam Hari

Sejarah, Alamat dan Suasana Alun-Alun Bandung Sekarang di Malam Hari
21 Agustus 2018
alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@gembell_bpckr

Dinginnya malam di kawasan Dago Atas Bandung masih kalah dingin sama sikap doi ke ane kala itu *nah malah curhat*. Eh tapi beneran, suhu udara di Dago kalo malem hari bisa mencapai 15°C. Kamar ane di Airy Eco Syariah Dago Atas nggak pake AC ataupun kipas angin aja dinginnya sebelas dua belas ama dinginnya sikap dia -nahkan-

Udah ah, malah curhat mulu.
Tepat pukul 18.00 Waktu Indonesia Bagian Bandung, kita tancap gas menuju ke tempat yang udah sangat hits di Kota Bandung. Tau dong tempat apaan itu? Noh, di judul udah tertulis dengan sangat jelas. Wkekekekek. Yesss, Alun-Alun Bandung adalah tempat ke sekian yang kita kunjungi buat menikmati kota Bandung setelah seharian jalan-jalan di sekitar Lembang.
Sebenarnya jarak Alun-alun Bandung dengan penginapan kita di Dago Atas hanya butuh waktu sekitat 30 menit naik motor sob. Tapi karena saat itu malam minggu, bisa dibayangkan betapa macet dan crowded nya jalanan Kota Bandung dong? Parah sekali! Perjalanan kita membutuhkan waktu hampir 1 jam, gimana kalo naik mobil yak. Mungkin bisa 2 jam perjalanan nya sampe ke pusat kota.


Alamat Alun-Alun Bandung Jawa Barat


alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@pilotlieur

Alamat Alun-Alun Bandung ada di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung, Jawa Barat. Jalannya gampang banget kok, kalo dari arah Dago macam kita kemarin tinggal lurus aja ikuti jalan. Pokoknya nggak pake belok-belok. Kalo bingung, di sepanjang jalan ada papan petunjuk menuju ke Alun-Alun Bandung. Atau bisa juga pake Google Maps kayak kita kemarin, peta Alun-Alun Bandung udah ane siapin di bawah.

Sejarah Alun-Alun Bandung


alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@bucek_denk

Berdasarkan informasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Kota Bandung berdiri pada tanggal 25 September Tahun 1810 atau saat ini sudah berumur 208 tahun.

Dulu, mayoritas warga Bandung menggunakan kuda sebagai alat transportasi buat mengirimkan surat ke Kantor Pos. Dalam rentang jarak tertentu, akan ada kuda pengganti yang akan menggantikan kuda pertama sampai ke kantor Pos dan salah satu Pos Pengganti tersebut ada di pinggir Jalan Raya Pos (Grote Postweg). Grote Postweg ini berada di dekat Gedung Kantor Pos Besar Bandung dan Jalan Banceuy. Jangan salah sebut, bukan Jalan Banci tapi Jalan Banceuy. Susah emang ya bahasanya, ane rada blibet nyebutnya.

Banceuy sendiri berasal dari nama Oude Kerkhoffweg (ane gak tau ini bacanya gimana) karena dahulu pernah dijadikan sebagai kuburan Cina. Nah, Alun-alun Bandung sendiri berada di selatan Grote Postweg yang sekarang sudah di bangun Masjid Raya Bandung dan Alun-Alun yang baru berada tepat di depannya dengan luas sekitar 1.200 meter persegi.

Masih berdasarkan informasi dari Wikipedia, kali terakhir Alun-alun Bandung di renovasi yaitu pada Tahun 2014 dan di resmikan oleh Wali Kota Bandung yang masih menjabat sampai sekarang yaitu Bapak Ridwan Kamil pada tanggal 31 Desember 2014.

Alun-Alun Bandung di Malam Hari


alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@luthfizulfahmilz

Salah satu keunikan yang ada di Alun-Alun Bandung adalah adanya rumput sintetis di seluruh area Alun-Alun dan bisa digunakan buat duduk-duduk manja. Dulu ane kira beneran rumput ijo, tapi setelah datang langsung ternyata rumput sintesis yang mirip karpet.

Kreatif banget sih idenya membuat Alun-alun menjadi seperti ini, kayak nya baru di Bandung ada rumput sintetis terpasang di seluruh lantai nya seluas 1.200 meter persegi macam ini. Tetep ijo dan nyegerin mata tapi nggak akan rusak kalo di injak dan di pake lari-larian.

Ane bener-bener betah duduk-duduk di Alun-Alun sob, dingin dan rame banget. Dengan penerangan yang cukup baik tapi nggak bikin mata blereng, dari anak bayi sampe anak tua bermain dan bercengkrama disini dengan hebohnya. Anak-anak pada lari-lari an, maenan bola, nerbangin stik yang bisa nyala (apaan sih namanya, waktu ane kecil nggak ada gituan).

Nggak usah khawatir juga bakalan kelaparan selama di Alun-alun Bandung, tiap menit akan ada mamang-mamang atau teteh-teteh yang menjajakan dagangannya dengan harga yang cukup murah. Ada berbagai macam es, cilok, gorengan, snack dan macem-macem.

Baru kali ini sih ane liat orang jualan menjajakan dagangannya (makanan semacam cilok) pake plastik dan udah di bungkus per pack nya. Ane kira mereka bagi-bagi makanan, ternyata mereka jualan. Untung ane belom minta, wkekekekek.

Tempat Wisata Sekitar Alun-Alun Bandung


alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@risnfauzi

Buat yang suka belanja dan bershopping-shopping ria, tepat di samping kiri Masjid Raya Bandung ada tempat belanja yang cukup tua dan komplit yang bernama Dalem Kaum. Sobat bisa menemukan berbagai macam barang dengan berbagai macam pilihan harga, dari yang murah meriah sampe harga selangit pun ada.

Di Komplek Dalem Kaum ini, sobat akan menjumpai sebuah jalan dimana kanan-kirinya di penuhi toko dan ruko persis kayak di luar negeri. Kemarin ane nggak mampir kesini karena jalannya macet dan rame nya nggak ketulungan. Mungkin sobat bisa datang kesini saat siang hari atau malam hari di hari kerja biar rada senggang dan bisa bernafas lega.

Selain Dalem Kaum, tempat wisata di sekitar Alun-alun Bandung lainnya adalah Jalan Asia Afrika, Gedung Konferensi Asia Afrika (tapi kalo malem tutup yak), Jalan Braga, Masjid Cheng Hoo Purbalingga dengan arsitektur Tionghoa, Gedung Merdeka dan banyak lagi lainnya.

Ane sih prefer ke Alun-alun Bandung di malam hari aja, kalo siang panas nya minta ampun. Mungkin karena efek global warming, Kota Bandung yang dulu dingin banget meskipun siang hari (pertama kali ke Bandung waktu SMP), sekarang panasnya nggak beda jauh sama Kota Solo.

Tempat Parkir di Alun-Alun Bandung


alamat Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung di Malam hari, sejarah Alun-alun Bandung, Alun-alun Bandung sekarang
instagram/@deni_ferdiansyah17

Oh ya, mungkin buat sobat sekalian yang belum pernah ke Bandung atau baru pertama kali ke Alun-Alun Bandung macam kita ini jangan bingung dan risau kalau mau parkir kendaraan. Di bassement ada tempat parkir mobil dan motor yang sangat luas dan rapi sekali kok. Pintu masuk nya ikuti aja jalan atau kalo bingung sobat bisa muterin alun-alun dulu. Nanti di salah satu sisi jalan ada pintu masuk buat parkir ke bassement nya.
Atau kalo bingung dan nggak yakin, bisa juga di parkir di pinggir jalan sekitar alun-alun. Karena nggak tau dan saking macetnya jalan, kita nggak parkir motor di bassement tapi di pinggir jalan sob. Letaknya ada di gang kecil samping Alun-Alun Bandung. Yang penting di kunci stang dan jangan lupa di bawa kunci motornya, ada mamang parkir nya kok. InsyaAllah aman.


Informasi Penting
Harga Tiket Masuk Alun-Alun Bandung : Free
Alamat Alun-Alun Bandung : Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Bandung, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam




Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368