BLANTERVIO102

Dieng Plateau Terselimuti Lapisan Es - Petani Pusing, Wisatawan Bahagia

Dieng Plateau Terselimuti Lapisan Es - Petani Pusing, Wisatawan Bahagia
8 Juli 2018
instagram/@sketsanewsdotcom

Salju turun di Dataran Tinggi Dieng? Seriusan? ahaha, bukan bukan. Ane malah takut kalo beneran kejadian turun salju di Dieng, tanda-tanda kiamat semakin dekat namanya. Secara kan Indonesia beriklim tropis, mustahil terjadi hujan salju kecuali di puncak gunung dengan ketinggian lebih dari 4.000 mdpl.

Fenomena yang terjadi di Dataran Tinggi Dieng seperti yang sobat lihat di foto atas adalah embun yang mengkristal menjadi butiran es. Hal itu wajar dan sering terjadi di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, nggak cuma di Dataran Tinggi Dieng doang. Bahkan, di Gunung Lawu dan beberapa Gunung tinggi lainnya juga terjadi hal serupa. Silahkan baca selengkapnya di artikel berikut, Fenomena Aphelion, Puncak Gunung di Jawa Membeku - Waspadai Hypotermia Bagi Para Pendaki


instagram/@raturu_com

Kejadian ini udah 2 kali terjadi dalam 3 bulan terakhir di Dieng Plateau sob. Pertama terjadi kemarin di hari Senin,  11 Juni 2018 dan yang kedua terjadi kemarin hari Kamis, 5 Juli 2018. Tau nggak suhu udaranya ada di kisaran berapa derajat? Sekitar 3°Celcius sob, berasa di dalem kulkas. Suhu udara AC aja maksimal 16° C dan udah bikin merinding kedinginan.

BACA JUGA :



Menurut warga sekitar, fenomena ini disebut sebagai 'Bun Upas'. Kita ngeliat nya seneng gitu yak, lucu dan bagus banget. Tapi buat warga sekitar dan pemilik perkebunan, itu adalah musibah yang mereka khawatirkan.

instagram/@dany_soetono

"Kok musibah? Emang kenapa? Apa salah si embun salju?" 

Gini sob, embun yang membeku dan menutup tanaman serta sayuran akan membuat tanaman tersebut layu dan mati. Ini karena tanamannya nggak mendapat udara dan sinar matahari yang cukup, terutama buat tanaman kentang yang banyak di budidaya kan di Dieng. Tapi biasanya para petani udah mewaspadai akan terjadi hal-hal semacam ini, yakan tiap tahun pasti kejadian kayak gini.

Terlepas dari itu semua, embun es yang menutupi sebagian besar daerah Dieng Plateau juga membawa berkah buat industri pariwisata. Pasti banyak sekali yang penasaran dan ingin merasakan gimana sih rasanya berada di tempat yang dinginnya kebangeten plus menyaksikan sendiri embun yang mengkristal menjadi es.

instagram/@adt_wb

Tuh lihat kan, candi nya jadi lucu. Nggak keliatan yak? Ahaha. Itu Candi Arjuna terselimuti embun es sob, jadi keliatan unik dan cantik. Rumputnya juga jadi putih-putih gitu, sayang buat di injek (terus, mau terbang??).

Ane saranin kalau mau ke Dieng dan pengen liat 'Bun Upas', datanglah di malam atau dini hari. Biasanya embun ini turun dan menyelimuti daerah Dieng di pagi hari sekitar jam 4 subuh sampe jam 7 pagi. Kalo sobat dateng disaat matahari udah naik, dapat dipastikan embun es udah mencair dan hanya tersisa hawa dingin yang menusuk tulang.




Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell 
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368