BLANTERVIO102

2 Jam Menyusuri 6 Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta

2 Jam Menyusuri 6 Pantai di Gunungkidul, Yogyakarta
7 Juli 2018
instagram/@gembell_bpckr

Pantai-pantai di GunungKidul, Yogyakarta emang nggak ada yang jelek sob. Dari pantai yang udah ngehits banget semacam Pantai Baron dan Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal sampe pantai-pantai yang masih sangat tersembunyi semacam Pantai Nampu, Pantai Ngitun, Pantai Kesirat dan masih banyak lagi, semua punya berbagai macam keunikannya sendiri-sendiri.

Ane mau cerita pengalaman pribadi nih dalam menaklukan 6 Pantai di Gunungkidul dalam waktu 2 jam dengan menyusuri bibir pantai. Ini seriusan sob,  6 pantai bolak balik jalan kaki lewat pinggir pantai.

instagram/@gembell_bpckr

Jadi saat itu kita berdua (iya, ane berdua sama temen) berencana buat camping di Pantai Pok Tunggal (bukan camping gokil di artikel sebelumnya yak, ini beda cerita). Seperti biasa, sebagai seorang gembell yang hobi mblayang dengan budget pas-pasan, ane harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar bisa mengeksplor banyak tempat dalam sekali jalan.
Dan mulailah penjelajahan kami dari Pantai Sundak. Karena rencana kita mau camping, bawaan kita jadi seabreg-abreg. Masing-masing bawa daypack dengan berat maksimal plus bawa tenda kapasitas 2 orang, di tenteng lagi. Kita nggak bawa carrier sob, nggak punya dan males nyewa juga.

instagram/@gembell_bpckr

Ane kasih satu tips sederhana yang bisa kalian ikuti kalo mau jalan-jalan dan bawa tas yang beratnya lumayan. Saat kita udah sampe tempat tujuan dan mau mengeksplor tempat tersebut, jangan ragu buat menitipkan barang kita ke petugas parkir atau ke warung terdekat. Ane lebih menyarankan dititipin ke warung sih, lebih aman dan terpercaya. Kalaupun misal si empunya warung nggak mau dikasih duit buat jasa penitipannya, seenggaknya kita bisa jajan sesuatu buat penglaris dia lah.

Sebenarnya kita nggak ada rencana buat menyusuri pantai dari ujung sampe ke ujung dengan jalan kaki, sama sekali nggak ada. Tapi karena cuaca yang sangat mendukung dan rasa penasaran yang cukup besar, mulai lah penelusuran kami berdua.

instagram/@gembell_bpckr

Dari Pantai Sundak yang panasnya minta ampun, kita berjalan menyusuri bibir pantai sampe ketemu papan bertuliskan Pantai Ngandong. Pantai ini nggak begitu panjang dan berbentuk cekungan gitu. Mayoritas penduduk sekitar bekerja sebagai nelayan nih, banyak perahu nelayan terparkir di pinggir pantai soalnya.

Lanjut jalan kaki, kita menuju ke Pantai Sadranan. Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong bener-bener sebelahan, nggak ada penghalang sama sekali. Jalan bentar aja tau-tau udah nongol di Pantai Sadranan. Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat banyak penyewaan pelampung dan alat snorkling di sepanjang bibir pantai dengan harga sekitar 50 ribu an per set nya. Kondisi ombak di Pantai Sadranan tenang banget, surga buat yang hobi snorkling nih.

instagram/@gembell_bpckr

Buat menuju ke pantai ke tiga yaitu Pantai Slili, kita harus keluar dari jalur pantai. Kita jalan kaki lewat jalan raya dan udah kayak gembell beneran. Untunglah jalan buat ke Pantai Slili nggak jauh-jauh amat. Kira-kira 5 menit jalan kaki, kita udah sampe di Pantai Slili yang indah dan menawan. Pantai ini masih sepi, enak banget buat menenangkan diri.

Pantai terakhir yang ada di benak kita saat itu adalah Pantai Krakal yang berada tepat di samping Pantai Slili. Selain waktu yang udah siang dan makin panas, rasa lapar juga udah melanda perut. Tapi kita penasaran sama bukit yang ada di ujung pantai ini, terlihat menggoda dan seakan mengajak buat didaki.

instagram/@gembell_bpckr

Karena rasa penasaran tersebut, kita naik ke atas bukit dan taraaa. Di seberang ada pantai lagi, cukup surprised juga sih waktu itu. Inilah Pantai Sarangan, pantai yang bener-bener sepi dan nggak ada satu pun orang yang ada disini. Padahal berbagai macam fasilitas penunjang udah tersedia dengan sangat baik dan pantai nya itu bersih banget.


Karena kita bawa budget yang sangat pas-pasan, dari rumah udah bawa bekal buat makan siang dengan porsi 2 orang. Ini nih salah satu tips plesir hemat yang bisa di contoh, berasa bener-bener piknik. Bawa makanan atau bekal dari rumah buat dimakan di tempat tujuan, mantapp!


Kelar makan siang, kita lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari Pantai Sarangan sampe ke Pantai Sundak, lagi. Menyusuri pantai, jalan kaki di jalan raya dan kembali lah kita di Pantai Sundak buat tancap gas ke Pantai Pok Tunggal buat mendirikan tenda.


Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook  Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell 
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

terima kasih atas informasinya

Balas

sama-sama, semoga bermanfaat

Balas
1872748957312907368