BLANTERVIO102

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Yogyakarta - Pesona Keindahan Pesisir Laut Selatan

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Yogyakarta - Pesona Keindahan Pesisir Laut Selatan
3 Juli 2018
Pantai wedi ombo, camping di pantai wedi ombo, harga tiket masuk pantai wedi ombo, rute perjalanan ke Pantai Wedi Ombo
instagram/@buruhphoto

Kalau kemarin kita bahas mengenai Pantai Watu Lumbung yang masih sangat perawan dengan keindahan alam nya yang luar biasa, sekarang ane mau bahas mengenai tetangga dekat nya yang masih sejalur dengan Pantai Watu Lumbung ini sob. Pantai yang pasti sangat familiar dan nggak asing lagi di telinga kita, Pantai Wedi Ombo.


Lokasi dan Rute Perjalanan ke Pantai Wedi Ombo Gunungkidul


Pantai ini ada di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten GunungKidul, Yogyakarta. Buat menuju ke Pantai Wedi Ombo, kita bisa ambil jalur melewati Wonosari. Setelah itu, ambil arah ke Semanu dan dilanjutkan ke Jepitu. Ikuti aja jalannya sampe ketemu Pos Retribusi dan ikuti jalan sampe mentok di Wedi Ombo.

Tau kenapa dinamakan Pantai Wedi Ombo? Wedi dalam bahasa Jawa artinya pasir dan Ombo artinya luas. Jadi, Pantai Wedi Ombo  Gunungkidul berarti pantai dengan pasir yang sangat luas di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bisa kita lihat sendiri gimana luasnya ini pantai, dari ujung sampe ujung dan pesisir nya itu luas banget. Lumayan bikin engap kalo jalan dari ujung sampe ujung.


Pantai wedi ombo, camping di pantai wedi ombo, harga tiket masuk pantai wedi ombo, rute perjalanan ke Pantai Wedi Ombo
instagram/@1st.shoot

Salah satu yang menjadi ikon serta keunikan dari Pantai Wedi Ombo adalah adanya sebuah kolam alami yang terbentuk dari batuan alam dan karang yang berada di ujung pantai sebelah selatan. Kolam ini biasa digunakan wisatawan buat berendam dan berenang, berasa punya kolam pribadi disini.

Buat menuju ke kolam ini, kita bisa menyusuri pesisir pantai sampe mentok di ujung selatan yang ada banyak batu karang nya. Hati-hati kalo jalan kesini, usahakan pake sendal. Batu nya lumayan bikin sakit telapak kaki, apalagi kalo udah hampir sampe di sekitar kolam.
Kolam ini berisi air laut yang terbawa ombak dan terisi ke dalamnya. Salah satu alternatif kalau sobat pengen main air tapi ombak di Pantai Wedi Ombo lagi nggak bersahabat nih, dijamin aman dan nggak kalah seru. Dengan kedalaman kolam setinggi pinggang orang dewasa, tempat ini sangat cocok buat siapapun berendam dan berenang. Yang nggak bisa berenang nggak usah takut, ane juga nggak bisa berenang tapi aman-aman aja nyemplung disini.

Pantai wedi ombo, camping di pantai wedi ombo, harga tiket masuk pantai wedi ombo, rute perjalanan ke Pantai Wedi Ombo
instagram/@virgass

Waktu yang paling pas buat datang ke Pantai  Wedi Ombo adalah di pagi atau sore hari saat weekdays. Kenapa weekdays? Kalo weekend rame nya minta ampun sob. Ane waktu itu sampe di Wedi Ombo  sekitar jam 4  sore dan kondisi pantai rame banget, dimana-mana ada orang. Apalagi kalo siang, ane yakin pantai nya penuh sama orang.

Sunset nya juga nggak kalah amazing, bagus banget! Jadi matahari nya itu ada di ujung pantai dan tenggelam dengan sangat cantik, nggak kalah cantik sama sunset nya Pantai Kuta di Bali.


Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo Gunungkidul


Harga tiket masuk ke Pantai Wedi Ombo cuma 10.000 udah termasuk tiket masuk ke Pantai Watu Lumbung dan Pantai Nampu. Kalo kalian berangkat rombongan dan pinter nawar, kalian bisa dapet potongan harga.


Pantai wedi ombo, camping di pantai wedi ombo, harga tiket masuk pantai wedi ombo, rute perjalanan ke Pantai Wedi Ombo
instagram/@mazzgee

Menurut pengamatan pribadi, Pantai Wedi Ombo bisa dibilang nggak cocok buat dijadikan tempat camping. Iya sih pantai nya luas banget, tapi ombak nya juga lumayan gede. Terlihat dari bekas pasir pantai yang masih basah dan sangat dekat dengan ujung pesisir, ane ngeri ngebayangin nya.

Mungkin aja bisa camping disini, tapi bukan di pasir pantai di bawah. Tempat yang paling aman ada di atas di sekitar warung. Bukan di pasir pantai emang, tapi itu jauh lebih baik daripada menggadaikan nyawa bukan?


Pantai wedi ombo, camping di pantai wedi ombo, harga tiket masuk pantai wedi ombo, rute perjalanan ke Pantai Wedi Ombo
instagram/@suwardi605

Oh yaa, jarak pantai dari parkiran motor dan mobil lumayan jauh sob. Kita harus jalan kaki dan menuruni anak tangga sekitar 5-10 menit. Tapi tenang, jalannya udah bagus banget dan di sepanjang jalan banyak berjejer warung makan yang bisa di singgahi kalo capek.

Buat yang nggak mau jalan kaki, disini juga ada jasa ojek. Rada ngeri sih sebenernya, ojek nya itu lewat tangga yang di buat jalan menurun gitu. Jadi hanya bisa dilewati 1 motor dan kalau mau lewat, mereka akan membunyikan klakson di sepanjang jalan. Buat tarif ojek nya sendiri ane kurang paham, nggak nyobain pake ojek soalnya. Tapi nggak sampe 10 ribu juga kok.

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo: IDR 10.000
Jam Operasional : 24 Jam
Alamat Pantai Wedi Ombo: Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta
Rute Perjalanan ke Pantai Wedi Ombo: Wonosari - Semanu - Jepitu - Wedi Ombo




Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell 
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368