BLANTERVIO102

Telaga Wahyu Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung

Telaga Wahyu Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung
19 Juni 2018
Telaga Wahyu, Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung, harga tiket masuk Telaga Wahyu, rute perjalanan ke Telaga wahyu
instagram/@buang.waktu

Gunung Lawu memang menyimpan beragam misteri dan cerita mistis yang nggak ketulungan banyaknya sob. Mulai dari hal-hal aneh di sekitar lereng gunung sampai di puncak gunung nya pun penuh dengan misteri yang nggak terpecahkan sampe sekarang. Bahkan Gunung Lawu di percaya sebagai salah satu Gunung ter-angker di Pulau Jawa. Nggak percaya? Coba aja sendiri muncak kesana, rasakanlah sensasi yang uhuy sekali. (Ane sendiri belum pernah muncak ke Lawu, takut anjay. Hihihi)


Tapi di balik segala macam misteri dan keanehan yang ada di Gunung Lawu, gunung ini juga mempunyai sejuta tempat yang indah nan cantik dengan pemandangan alam yang aduhai dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Sebut saja Grojogan Sewu yang udah terkenal dan mendunia, Air Terjun Jumog yang cantiknya bukan main, Candi Cetho yang penuh misteri, Telaga Sarangan kang dadi saksi tumetes eluhku (eh hloh malah dangdutan), Kebun Teh Kemuning yang adem banget dan satu lagi yang akan ane bahas disini adalah Telaga Wahyu yang masih perawan dan asri.


Telaga Wahyu, Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung, harga tiket masuk Telaga Wahyu, rute perjalanan ke Telaga wahyu
instagram/@wahyu_blendot_raharjo

Hayooo, ane yakin kalian pasti masih jarang mendengar nama telaga yang satu ini. Telaga Wahyu emang nggak setenar dan sehits tetangga dekatnya, Telaga Sarangan. Padahal kalau di perhatikan, kedua telaga ini mempunyai kesamaan yang nggak ada bedanya. Sama-sama ada di Lereng Gunung Lawu dan sama-sama berbentuk telaga (nah kan, info yang nggak bermanfaat sekali).

Telaga ini berada di Kelurahan Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jika sobat datang dari arah Magetan, Telaga Wahyu berada di kiri jalan sekitar 3 km sebelum gerbang retribusi Telaga Sarangan. Jika sobat dari arah Solo atau Tawangmangu, Telaga Wahyu masih turun ke bawah dan berada di kanan jalan. Nggak usah khawatir tersesat, telaga ini ada di pinggir jalan raya dan terlihat jelas dari kejauhan. Apalagi kalau sobat datang dari arah Tawangmangu, saat perjalanan turun akan terlihat dengan jelas bentuk Telaga Wahyu yang indah sekali dari ketinggian.


Telaga Wahyu, Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung, harga tiket masuk Telaga Wahyu, rute perjalanan ke Telaga wahyu
instagram/@gembell_bpckr


Harga Tiket Masuk Telaga Wahyu Magetan


Harga tiket masuk Telaga Wahyu Sarangan terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket masuk Telaga Sarangan yang mencapai 20 ribu per orang. Disini, sobat hanya perlu membayar 5 ribu per orang dan 2 ribu buat parkir sepeda motor. Semoga saja harga tiket ini nggak akan naik dengan gila-gilaan seperti yang terjadi dengan harga tiket masuk Telaga Sarangan yang naik hingga 150% di awal tahun 2017 lalu.

Keistimewaan dan keunikan dari Telaga Wahyu sendiri ada di bentuk dan pemandangan alam sekitar yang masih sangat asri dan jauh dari kata modernisasi seperti yang ada di Telaga Sarangan. Sobat nggak akan menemukan satu pun penginapan di sekitar sini, bahkan warung makan pun hanya ada dua di area ini. Sobat juga nggak akan di buat pusing oleh para penjual cinderamata yang menjajakan dagangannya, apalagi buat yang hobi belanja. Saat di Telaga Wahyu dompet aman terkendali sob.

Pun nggak usah khawatir kalau mau buang air kecil atau buang hajat, di area Telaga Wahyu sudah di sediakan Toilet Umum yang berada di samping pintu masuk utama. Nggak usah takut jijik, toilet ini cukup bersih dan terawat meskipun nggak ada yang jaga dan hanya di tinggali sebuah kotak kecil buat memasukkan uang.

Satu hal yang cukup membuat ane kecewa dan berharap lebih, area Telaga Wahyu kurang terawat dan cenderung terbengkalai. Kalau kalian pernah ke Telaga Merdada di Dieng, wujud Telaga Wahyu ini kurang lebih sama mengenaskan nya dengan tempat itu. Sama-sama di komersilkan buat tempat wisata, sama-sama di pungut biaya buat tiket masuk dan kebersihan, tapi kenyataannya nggak sesuai. Bahkan di beberapa lokasi terlihat tumpukan sampah yang nggak enak dilihat. Semoga saja pemerintah dan dinas terkait segera menyelesaikan masalah tersebut, sangat disayangkan sekali tempat seindah dan senyaman ini nggak terawat dan cenderung kotor.


Telaga Wahyu, Magetan dan Mitos Sepasang Kekasih di Telaga Wurung, harga tiket masuk Telaga Wahyu, rute perjalanan ke Telaga wahyu
instagram/@amin_akbarizyansyach

Meskipun begitu, Telaga Wahyu juga menyimpan banyak ikan dan spesies air lain sob. Saat ane datang kemari, terlihat banyak pemancing yang sedang asyik menunggu kail nya di makan ikan. Bahkan beberapa sudah ada yang dapat ikan cukup banyak dan menggiurkan, ingin rasanya nyomot satu terus dibakar. Iya dibakar, ane yang dibakar si empunya ikan maksudnya. Vangkeee.


Mitos Telaga Wurung


Menurut mitos dan kepercayaan masyarakat sekitar, jika sepasang kekasih datang atau hanya sekedar lewat di Telaga Wahyu, maka hubungan mereka nggak akan bertahan lama dan akan kandas di tengah jalan. Bahkan di salah satu sisi telaga, ada sebuah pohon besar yang disebut pohon randu dan sudah berusia ratusan tahun berdiri kokoh disitu. Pohon itu kerap dikait-kaitkan dengan mitos ini. Katanya, pohon tersebut dihuni seorang nenek berbaju hitam dan mempunyai banyak sekali kucing yang juga berwarna hitam. Menurut berbagai sumber, banyak wisatawan atau lebih tepatnya pemancing ikan yang sedang memancing di malam hari sering melihat penampakan nenek tersebut.

FYI nih sob, dulunya nama Telaga Wahyu adalah Telaga Wurung. Wurung sendiri dalam bahasa jawa berarti urung atau tidak jadi. Tapi saat ini namanya sudah diganti dengan nama Telaga Wahyu agar mitos yang berkembang di masyarakat itu bisa hilang dan sirna. Tapi sepertinya sama saja, banyak wisatawan yang enggan datang kemari karena mitos tersebut. Kembali ke diri kita masing-masing sih sob, tapi ane sarankan buat enggak percaya dengan hal-hal semacam itu. Rejeki, jodoh dan maut udah di atur sama Gusti Allah. Betul???

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk : IDR 5.000
Jam Operasional : 24 Jam
Alamat : Kelurahan Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Rute : Pasar Tawangmangu - Jalan bercabang yang ada banyaj penjual nya ambil kanan - Pertigaan Telaga Sarangan lurus - Telaga Wahyu ada di kanan jalan





Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368