BLANTERVIO102

Telaga Sarangan Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir

Telaga Sarangan Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir
18 Juni 2018
Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir, harga tiket masuk Telaga Sarangan, rute perjalanan ke Telaga Sarangan
instagram/@gembell_bpckr

Siapa sih yang enggak kenal sama tempat satu ini? Telaga yang udah famous dan mendunia ini bernama Telaga Sarangan, sebuah danau kecil yang terletak di kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jangan salah ya sob, Telaga Sarangan udah masuk dalam wilayah Jawa Timur bukan Jawa Tengah lagi. Luas area nya sendiri sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter dan berbentuk melingkar.


Rute Perjalanan dan Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan Magetan


Buat menuju ke Telaga Sarangan, dari arah Solo kalian ikuti aja jalan menuju ke Tawangmangu. Setelah sampai di Pasar Tawangmangu, lurus ikuti jalan menanjak sampai  bertemu jalan bercabang yang dipenuhi penjual di kanan-kirinya. Ambil jalan yang sebelah kanan, ikuti aja jalannya dan jangan berbelok-belok. Jalannya naik turun dengan tingkat kemiringan yang cukup ekstrem, gunakan kendaraan yang sehat dan pastikan rem berfungsi dengan baik.

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir, harga tiket masuk Telaga Sarangan, rute perjalanan ke Telaga Sarangan
instagram/@gembell_bpckr

Sekitar 20 menit perjalanan dari situ, akan ada petunjuk arah menuju ke Telaga Sarangan di kanan jalan. Sobat belok kanan dan naik ke atas sekitar 500 meter sampai bertemu Pos Retribusi. Harga tiket masuk nya sendiri sebesar 19 ribu + 1 ribu buat asuransi jasa raharja.
Kalau hari biasa dan nggak begitu rame, kita bisa memarkirkan kendaraan (sepeda motor) di sepanjang jalan samping telaga dan bebas biaya parkir. Tapi kalau hari minggu dan hari libur, kita akan di berhentikan di tempat parkir motor dan harus jalan kaki sampai ke Telaga Sarangan yang berjarak kurang lebih 100 meter.

Fasilitas di Telaga Sarangan Magetan


Dulu banget waktu pertama kali kesini sekitar tahun 2007, Telaga Sarangan masih sangat asri banget. Di kanan-kiri telaga masih berupa hutan dan pepohonan yang rindang, bener-bener menyejukkan. Nggak kayak sekarang yang udah dipenuhi hotel, villa, penginapan dan banyak sekali warung serta orang berjualan di sepanjang jalan.

Tertata rapi sih iya, bagus memang. Tapi kesan yang ane dapat saat ke dua dan ke tiga kali nya datang kesini, seakan-akan hanya melihat dan menikmati kolam besar dengan banyak speedboat yang berlalu-lalang di atasnya. Kesan adem dan menenangkan yang dulu sangat terasa, sekarang udah sangat berkurang. Itu sih pendapat pribadi yak, pasti ada alasan yang lebih penting dan bermanfaat kenapa area ini menjadi seperti itu saat ini.

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir, harga tiket masuk Telaga Sarangan, rute perjalanan ke Telaga Sarangan
instagram/@gembell_bpckr

Terlepas dari itu semua, Telaga Sarangan masih recommend kok buat dikunjungi wisatawan. Hawa dingin yang menusuk tulang dan keindahan alam di sekitar telaga yang memanjakan mata seakan menjadi magnet tersendiri buat wisatawan agar selalu datang kesini.

Sobat juga bisa merasakan sensasi bermain speedboat seharga 60 ribu untuk sekali putaran dan 150 ribu buat 3 kali putaran dengan kapasitas maksimal 5 orang dewasa sekali jalan. Atau kalau mau berkeliling Telaga Sarangan tapi nggak mau capek, bisa naik kuda dengan tarif 60 ribu buat sekali putaran. Cukup mahal memang, tapi sesuai dengan apa yang di dapat lah ya.


Camping di Telaga Sarangan Magetan


Dan buat sobat yang cuka camping nih, di salah satu sisi Telaga Sarangan, tepatnya di atas lereng bukit yang masih terjaga keperawannya, ada sebuah camp ground yang indah banget dan cukup luas buat camping ceria bersama teman dan orang tersayang. Saat itu ane melihat ada rombongan anak SMP dari salah satu sekolah yang mengadakan camping bersama di tempat itu, ane jadi pengen ikutan. Hihi.

Buat harga retribusi dan peraturan di camp ground tersebut, ane juga kurang paham sob. Kalau mau camping di tempat itu, bisa langsung menghubungi petugas loket atau warga sekitar Telaga Sarangan. Pasti nikmat banget tuh, bangun tidur langsung melihat segarnya air telaga dari gunung Lawu. Beuuhhh.


Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir, harga tiket masuk Telaga Sarangan, rute perjalanan ke Telaga Sarangan
instagram/@gembell_bpckr


Sejarah Telaga Sarangan


Oh iya, menurut penuturan warga sekitar dan cerita yang berkembang sampai sekarang, Telaga Sarangan dulunya terbentuk karena ulah sepasang suami istri yang bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Bertahan - tahun mereka menikah tapi belum juga dikaruniai seorang anak. Karena mereka frustrasi dan ingin segera memiliki keturunan, suami istri itu bersemedi dan meminta kepada Sang Hyang Widhi. Dan doa mereka pun terkabulkan, lahir lah seorang anak yang mereka namakan Joko Lelung.

Memang dasarnya sifat manusia nggak pernah puas akan apa yang udah di dapat ya sob, Kyai dan Nyai Pasir bersemedi dan meminta lagi kepada Sang Hyang Widhi agar hidupnya tercukupi dan nggak kekurangan. Akhirnya mereka mendapat wasiat agar mencari dan memakan sebuah telur yang tersimpan di dekat lahan pertanian mereka.

Besoknya, mereka udah mendapatkan itu telur dan dimasak dirumah. Dibagilah telur itu menjadi dua dan mereka makan bersama. Tapi apa yang terjadi? Bukannya rejeki yang mereka dapat, malah musibah yang datang menghampiri. Mereka kepanasan setelah makan telur itu dan berguling-guling di tanah dengan membabi buta hingga membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam.


Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan Sejarah Terbentuknya Telaga Pasir, harga tiket masuk Telaga Sarangan, rute perjalanan ke Telaga Sarangan
instagram/@frendi_setiawan_pradikdo

Dan saat itu juga, mereka berubah bentuk menjadi 2 ekor naga yang besar dan menakutkan. Dari cekungan itulah, muncul air yang sangat banyak dan nenenggelamkan seluruh lahan dan rumah mereka sehingga terbentuk sebuah danau atau telaga. Telaga ini di sebut Telaga Pasir atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Telaga Sarangan.

Kalau sobat perhatikan, di tengah Telaga Sarangan ada sebuah daratan kecil berbentuk lingkaran yang hanya ditumbuhi pohon dan tanaman liar. Konon katanya, pulau itu adalah tempat bersemayam nya Kyai dan Nyai Pasir sampai sekarang.

Informasi Penting
Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan : IDR 20.000
Speedboat 1 Putaran : IDR 60.000
Speedboat 3 Putaran : IDR 150.000
Naik Kuda 1 Putaran : IDR 60.000
Jam Operasional Telaga Sarangan : 24 Jam
Alamat Telaga Sarangan : Lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Rute Perjalanan ke Telaga Sarangan : Solo - Pasar Tawangmangu - Jalan bercabang yang dipenuhi pedagang ambil kanan - Telaga Sarangan ada di kanan jalan

Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368