BLANTERVIO102

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Buat Pendaki Pemula

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Buat Pendaki Pemula
26 Juni 2018
Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula
instagram/@gembell_bpckr

Gunung Andong, gunung yang berada di Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 1.726 mdpl ini adalah gunung pertama yang ane taklukan (halah, bahasa nya lebay amat) dengan pendakian asli (jalan kaki maksudnya) kemarin pada tanggal 24-25 April 2018. Kalau gunung pertama yang pernah ane samperin sampai puncak adalah Gunung Telomoyo, tapi naik sepeda motor. Hihi.

Pendakian Gunung Andong yang kita lakukan kemarin melalui basecamp Taruna Jaya Giri, dusun Sawit, Magelang. Rute menuju ke Gunung Andong via Sawit, sobat ikuti aja jalan menuju ke Kopeng. Sampai ketemu pertigaan kalau ke arah kanan menuju Ketep Pass, sobat lurus aja. Sekitar 3 km dari situ, di kiri jalan ada papan petunjuk jalan Basecamp Taruna Jaya Giri Gunung Andong via Sawit. Tapi tulisan nya agak kecil sob, jadi harus bener-bener jeli ngeliatnya. Ikuti aja petunjuk jalan nya sampai ke basecamp.

Setelah sampai di basecamp, ane sarankan buat istirahat dulu melepas lelah. Apalagi kalau sobat dari luar kota, udah capek duluan di perjalanan. Kita kemarin berlima naik sepeda motor dari Jogja sekitar 2 jam. Sampai di basecamp kita istirahat sekitar 2 jam buat memulihkan tenaga.

Jarum jam menunjukkan pukul 13.30 dan kita memulai pendakian. Tiket masuk Gunung Andong hanya 8 ribu rupiah per orang. Perjalanan dimulai dengan melewati perkebunan warga. Sama seperti warga di dataran tinggi lainnya, perkebunan disini ditanami dengan berbagai macam sayuran, wortel, tomat, cabai, kubis, kol, dsb. Berasa pengen metik satu buat dibawa keatas (minta di tabok).
Kelar melewati perkebunan warga, ketemu lah dengan jalur pendakian yang sebenarnya. Jalur ini bener-bener menguras tenaga sob, nggak ada bonus nya sama sekali. Dari gerbang Gunung Andong sampai puncak, jalan yang kita lalui menanjak tiada ampun.

Tapi kata temen-temen jalur ini tergolong mudah dan bersahabat buat pendaki pemula (baca : gua), udah dibuat semacam anak tangga dari tanah gitu. Tapi harus tetap hati-hati karena jalurnya cukup licin dan hanya bisa dilalui 2 orang.

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula
instagram/@gembell_bpckr

Jarak basecamp sampai pos 1 sekitar 30 menit, pos 1 sampai pos 2 sekitar 30 menit dan pos 2 sampai puncak sekitar 1 jam. Ini berdasarkan pengalaman kita kemarin, berhenti istirahat berkali-kali dengan total waktu pendakian 2 jam sampai di puncak.

Sebelum bertemu pos 1, sobat akan di hadapkan 2 jalur pendakian. Jalur lama dan jalur baru. Jalur baru dibuat karena di atas di antara pos 2 dan puncak telah terjadi longsor dan mematahkan 10 meter panjang jalur lama pada hari Minggu, 11 Februari 2018 lalu. Tapi sekarang jalur lama sudah bisa dilewati dengan aman.

Ane sarankan buat pendaki pemula, apalagi yang takut ketinggian (yak, ini gua banget) gunakan lah jalur lama yang lebih bersahabat. Tapi buat sobat yang udah biasa naik gunung atau memang nggak takut ketinggian, jalur baru sangat disarankan.

Jalur baru ini ada di sebelah kiri, ada papan petunjuk nya kok. Jalur baru punya pemandangan yang lebih indah dan spektakuler, tapi juga jalur yang lebih menantang. Jalur ini hanya bisa dilalui  satu orang dimana salah satu sisinya menghadap ke jurang.

Udah gitu jalannya nggak sebagus jalur lama dan licin. Salah melangkah, sobat bisa kepleset dan terjun bebas. Memang waktu yang di tempuh lewat jalur baru ini lebih cepat, sekitar 90 menit untuk sampai ke puncak. Ane cukup menyesal melewati jalur ini saat turun, menyiksa kaki dan menyiksa batin. Bener-bener takut setengah mati sob.

Kalau jalur lama, sobat akan melewati hutan pinus yang asri dan adem di temani suara kicauan burung yang aduhai mesranya. Jalur ini ane anggap lebih bersahabat, selain jalurnya yang tidak langsung berhadapan dengan jurang, jalur ini juga berada di tengah hutan.

Setelah pos 2 menuju puncak, sobat akan ketemu sumber air di sebelah kanan yang di alirkan melalui pipa. Bisa banget kalau sobat mau cuci tangan dan cuci muka atau mengambil air untuk kebutuhan di atas. Air nya bener-bener bening dan dingin banget, berasa ambil air dari dalam kulkas.

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula
instagram/@gembell_bpckr

Setelah 2 jam yang melelahkan, akhirnya kita bertemu dengan Puncak Makam. Ini adalah makam Kyai Abdul Faqih atau lebih dikenal dengan Ki Joko Pekik yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan masih sering dijadikan tempat spiritual karena dianggap punya kekuatan supranatural. Dari Puncak Makam, kita bisa melihat Gunung Kembar Sindoro-Sumbing yang gagah seperti foto diatas.

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula
instagram/@gembell_bpckr

Naik lagi ke atas, sobat akan bertemu Puncak Jiwa yang menjadi camping ground dan bisa digunakan lebih dari 50 tenda. Disitu juga ada 2 warung sekaligus pos rescue yang buka tiap sabtu-minggu. Jika cuaca sedang bagus dan mendukung, sobat akan melihat pemandangan seperti gambar di atas. Puncak Gunung Merbabu dan di belakang nya ada puncak Gunung Merapi yang malu-malu.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? ~Q.S. Ar-Rahman~

Gunung Andong mempunyai 4 puncak, 1 Puncak Makam Ki Joko Pekik, 1 Puncak Jiwa sekaligus camp ground, 1 Puncak Andong setinggi 1.726 mdpl dan 1 Puncak Alap-Alap di paling timur.

Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap dihubungkan dengan Jembatan Setan. Kenapa disebut Jembatan Setan? Sebenarnya ini bukan jembatan sob, ini bagian dari gunung tapi menyerupai lekukan yang hanya bisa dilalui 1 orang. Kanan-kiri nya langsung berhadapan dengan jurang dan sangat mengerikan. Salah melangkah atau terpeleset, terjun bebas ke dalam jurang.

Pendakian Gunung Andong via Sawit, Magelang - Gunung Terbaik Untuk Pendaki Pemula
instagram/@riefffadill_90

Di malam hari yang cerah, kita bisa melihat indahnya bintang - bintang di langit dan bulan yang menerangi gelap nya malam. Di bawah sana, lampu-lampu rumah dan lampu jalanan terlihat begitu indah seperti bintang yang berkerlap-kerlip.

Maha Besar Allah atas segala ciptaan-Nya
Informasi Penting

Harga Tiket Masuk Gunung Andong: IDR 8.000
Jam Operasional : 24 Jam
Alamat Basecamp Gunung Andong: Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah



 
 
Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368