BLANTERVIO102

Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Kecil-Kecil Cabe Rawit

Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Kecil-Kecil Cabe Rawit
26 Juni 2018

Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Si Kecil nan Menawan
instagram/@brekii

Ini nih salah satu surga tersembunyi yang jarang terjamah orang dan bener-bener masih asri di Gunungkidul, namanya Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun. Pantai Ngitun ini berada di sebelah timur Pantai Pok Tunggal dan sebelah barat Pantai Siung, tepatnya di Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kalau sobat dari Jogja, ikuti saja jalan menuju ke Pantai Siung sampai bertemu SD Tepus 4 Gunungkidul. Ikuti saja jalan cor kecil di samping SD, sepanjang jalan udah ada banyak papan petunjuk nya kok. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima karena setelah bertemu Dusun Sureng, jalan cor akan berganti dengan jalan berbatu yang lumayan terjal dan curam.

Tepat di ujung jalan sebelum turunan tajam nan terjal, kita akan bertemu semacam pondok yang dijadikan penduduk sekitar sebagai tempat parkir sepeda motor. Cukup dengan 3 ribu rupiah sebagai uang parkir, kita bebas bermain-main seharian di kawasan Pantai Ngitun ini. Mobil juga bisa masuk ke area ini kok, tapi harus ekstra hati-hati karena jalan nya sangat sempit.

Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Si Kecil nan Menawan
instagram/@diklikjogja_tour

Dari tempat parkir, sobat udah bisa melihat keindahan Pantai Ngitun yang mempesona dari kejauhan. Puncak dua bukit karang yang mengapit Pantai Ngitun pun terlihat jelas dari sini, bahkan keliatan ada 2 orang yang lagi selfi di atas sana. Hihi.
Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itu kalimat yang pas buat menggambarkan pantai yang satu ini. Dengan pesisir pantainya yang nggak sebesar dan seluas pantai-pantai lain di Gunungkidul, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dan sangat bersahabat. Pas banget buat camping ceria dan bersenang-senang.

Pantai ini juga masih sepi banget sob, bahkan ketika ane datang di hari minggu yang biasanya tempat wisata di padati manusia, disini adem ayem aja. Cuma ada 2 tenda yang masih berdiri dengan beberapa orang yang bermain-main di pantai. Serasa pantai milik pribadi sob, I feel free. Jiahaha.


Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Si Kecil nan Menawan
instagram/@gembell_bpckr

Selain pantai nya yang ciamik, di sebelah kiri pantai Ngitun ada juga sebuah bukit dengan pemandangan yang aduhai sekali. Foto di atas ane ambil ketika akan turun dari bukit ini, amazing! Tapi sobat harus berhati-hati karena jalan ke atas berupa bebatuan karang dan cukup licin, sepatu ane sampe jebol waktu turun ke bawah. Sebodo amat dah sama orang yang ngeliatin. Turun bukit dengan 'cekeran', tanpa alas kaki maksudnya dan nenteng-nenteng sepatu jebol, udah bener-bener kayak gembell.

Oh iya, diatas bukit ini juga ada 1 buah batu karang besar yang berdiri di ujung bukit dan sedikit menjorok ke arah laut. Batu ini dinamakan Watu Gentong atau Batu Gentong, mungkin karena bentuknya yang menyerupai gentong kali yak. Batu nya unik karena dia seakan mau terjun ke laut tapi nggak jadi, semacam nyangkut gitu. Bagus banget deh.

Pantai Ngitun atau Pantai Ngetun, Gunungkidul, Yogyakarta - Si Kecil nan Menawan
instagram/@bazkoro_

Buat yang mau camping di Pantai Ngitun nih, harap hati - hati ya sob. Seperti yang udah ane katakan, pantai ini masih sangat sepi dan hanya ada 2 warung yang buka sampe sore hari. Saat malam hari, sobat akan benar-benar sendirian di kawasan pantai ini. Penjaga pantai hanya akan berjaga di tempat parkir sepeda motor. Sangat tidak disarankan camping disini saat musim hujan, BERBAHAYA! Jangan sampe ngalamin kejadian seperti ane ketika Camping di Pantai Pok Tunggal, dih amit-amit!

Atau kalau sobat mau camping rame-rame, Pantai Ngitun bisa menampung hingga 20 tenda dome kapasitas 4 orang. Pasti seru banget karena nggak ada orang lain yang akan mengganggu acara sobat, berasa pantai milik sendiri. Selain itu, di Pantai Ngitun juga di izinkan menyalakan api unggun di atas pasir pantai. Rata-rata penjaga dan pengelola pantai di Gunungkidul tidak mengizinkan menyalakan api unggun (kecuali dengan tong) di pantai karena alasan kebersihan dan keamanan.

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk Pantai Ngitun: Free
Jam Operasional : 24 Jam
Alamat Pantai Ngitun: Dusun Sureng, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
Rute Perjalanan ke Pantai Ngitun: Wonosari - Tepus - Purwodadi - SD Tepus 4 Gunungkidul - Desa Sureng - Pantai Ngitun


Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368