BLANTERVIO102

Curug Lawe - Benowo Kalisidi, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah - The Hidden Heaven of Java

22 Juni 2018
curug lawe Benowo Kalisidi semarang, harga tiket masuk curug lawe benowo kalisidi, rute perjalanan ke Curug lawe Benowo Kalisidi
instagram/@gembell_bpckr

Curug Lawe - Benowo Kalisidi, salah satu surga tersembunyi di Semarang. nih. Bener bener tersembunyi karena tempatnya yang ada di cekungan tebing di tengah hutan Taman Nasional Gunung Ungaran bagian barat.

Buat menikmati kesegaran dan keindahan air terjun ini, kita harus berjuang melewati hutan dan jalan cor di pinggir selokan yang cuma bisa di lalui satu orang. Apalagi sepanjang perjalanan, jalan yang kita lewati rawan longsor dan licin.

Sobat juga akan melewati sungai yang sangat jernih dan beberapa jembatan yang cuma terbuat dari sebilah balok kayu tua. Tetap berhati - hati dan perhatikan langkah.

Di tengah perjalanan, sobat akan menemukan sebuah jembatan yang lagi naik daun di media sosial. Jembatan Romantis, jembatan berwarna merah sepanjang 50 meter ini membentang di atas sungai setinggi lebih dari 10 meter.

instagram/@gembell_bpckr

Eksotik dan instagrammable banget memang, tapi sobat harus tetap berhati-hati karena jembatan ini cuma terbuat dari papan kayu yang udah berumur. Di beberapa titik jembatan ini udah berlubang dan besi penopang nya udah mulai berkarat.

Perjalanan yang ane lakukan kala itu sekitar 60 menit jalan kaki dari tempat parkir tanpa henti. Kaki rasanya mau lepas, beneran! Tapi sepanjang perjalanan, kita akan di suguhkan berbagai pemandangan hutan yang hijau nan asri juga udara yang sangat sejuk khas pegunungan.

Di beberapa titik udah di sediain warung dan toilet yang bisa sobat jadikan tempat istirahat dan melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan yang cukup ngos-ngosan.

Disini ada 2 curug sekaligus, yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo. Curug Benowo letak nya enggak se jauh Curug Lawe. Saat sobat udah setengah perjalanan ke Curug Lawe dan sampai di pertigaan,  ada sebuah warung yang cukup besar dan mushola di samping nya. Disitu ada arah petunjuk jalan menuju Curug Benowo, sobat ikuti aja petunjuk jalan itu.

Cuma karena waktu yang nggak memungkinkan, kita nggak mampir ke Curug Benowo. Kita keluar dari Curug Lawe sekitar jam 3 sore dan waktu berkunjung paling akhir jam 4 sore. Kalau udah jam 4, semua pengunjung harus segera meninggalkan area Curug.

instagram/@gembell_bpckr

Curug Lawe - Benowo Kalisidi ada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 60 menit perjalanan dari pusat kota Semarang atau 2 jam perjalanan dari pusat Kota Solo.

Rute dari kota Semarang, sobat ambil jalur ke arah UNNES (Universitas Negeri Semarang), tepat sebelum UNNES ada pertigaan, ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan itu sampe ketemu  pertigaan lagi.

Setelah sobat ketemu pertigaan lagi, ambil jalan ke kanan, ikuti aja jalan tersebut sampe ketemu pertigaan lagi, ambil arah kiri sampe sobat menemukan pertigaan dengan jalur menurun, dari situ belok ke kanan (arah Boja) tepat beberapa meter ada gapura di kiri jalan. Masuk aja ke gapura tersebut dan ikuti petunjuk jalan sampai di Curug Lawe-Benowo Kalisidi.

Sangat tidak disarankan datang kesini setelah turun hujan. Curug Lawe bisa berubah jadi ganas karena air yang mengalir dari sungai di atas nya akan meluap dan debit air akan membesar. Selain itu jalan yang licin dan rawan longsor juga membahayakan.

Tiket masuk nya sendiri cuma 5.000 per orang, parkir sepeda motor 3.000 dan mobil 5.000. Bisa banget kalau mau camping disini sob, bilang aja sama petugas nya buat pengamanan.

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk : IDR 5.000
Jam Operasional : 08.00-15.00 WIB
Alamat : Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini yak. Salam Gembell