BLANTERVIO102

Camping Gokil di Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta

Camping Gokil di Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta
26 Juni 2018
Camping Gokil di Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta
instagram/@gembell_bpckr

Beach Camp adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan menurut ane. Bercengkrama bersama orang-orang tersayang di atas pasir pantai, menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam di ujung lautan, bermalam di bawah bintang-bintang dan rembulan, serta tidur ditemani deburan ombak yang menenangkan jiwa. Sungguh nikmat yang tiada tara.

Dan pengalaman pertama ane merasakan camping di pantai adalah di Pantai Siung, Gunung Kidul, Yogyakarta pada tahun 2016 lalu. Udah lama banget yak, hihi. Itu bener-bener pengalaman pertama dan paling gokil sepanjang sejarah hidup ane.

Gimana enggak gokil coba, pagi-pagi buta sekitar jam 4 subuh kita dikejutkan dengan ombak air laut yang pasang dan hampir menyentuh tenda kita. Lebih tepatnya, sudah menyentuh bagian depan tenda. Dengan keadaan masih setengah sadar dan setengah tidur, kita gotong itu tenda sampai bener-bener mepet jalan.

FYI, kita mendirikan tenda itu udah bener-bener hampir mepet jalan. Karena belakang kita ada pohon, jadi kita mendirikan tenda di depan agak nyamping dikit dari pohon dan itu lumayan jauh dari bibir pantai. Setelah tenda dirasa aman dan jauh dari jangkauan air laut, kita balik ke dalam dan melanjutkan mimpi yang tertunda.

Camping Gokil di Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta
instagram/@gembell_bpckr

Matahari pagi yang bersinar dengan terangnya membuat kami terbangun dari mimpi indah yang tertunda. Duuhh, mimpi indah katanya. Enaknya camping di pantai tuh gini sob, pagi-pagi bisa menikmati indahnya matahari yang muncul secara perlahan dari ujung lautan.

Tapi ke gokilan yang terjadi disini belum kelar sob, masih ada satu lagi yang bikin kita takut, lucu, tapi juga kasian. Mau ketawa takut dosa, yaudah kita simpen dalam hati aja. Hihi.
Pas kita lagi enak-enaknya sarapan nih, tiba-tiba rombongan tenda samping (total ada 2 tenda) tersapu ombak pasang air laut dan terseret sejauh 10 meter dari tempat semula. Untungnya semua penghuni tenda lagi ada di luar dan barang-barang berharganya mereka bawa.

Asli itu kejadian bener-bener bikin takut tapi juga lucu. Duh, jahat kali yak. Hikmahnya nih sob, kalau mau mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan bibir pantai. Semakin jauh, semakin baik. Apalagi kalau pantai itu punya karakteristik dengan ombak yang lumayan gede, ambil aman nya aja lah.

Tapi di luar itu semua, pesona Pantai Siung emang luar biasa indah. Pantai ini di apit 2 tebing karang yang menjulang tinggi dan merupakan surga buat para pemanjat tebing. Kalau weekend nih, sobat akan melihat banyak pemanjat tebing yang melakukan aksi nya disini. Beuhh, keren abis!

Camping Gokil di Pantai Siung Gunung Kidul Jogjakarta
instagram/@gembell_bpckr

Selain itu, di sebelah ujung kiri Pantai Siung juga ada sebuah bukit yang menjadi primadona dan tempat yang paling ane sukai kalau lagi ke Pantai Siung. Namanya Bukit Pengilon, ulasan lengkapnya bisa klik disini.

Buat menuju ke Pantai Siung, sobat ambil jalan menuju ke arah Wonosari - Tepus - Purwodadi - Pantai Siung. Tiket masuk nya cuma 10 ribu rupiah sudah termasuk tiket Pantai Siung, Pantai Jogan, Pantai Nglambor dan Bukit Pengilon.

Kalau sobat mau camping kayak ane, sobat akan di kenakan biaya retribusi tenda dan kebersihan sebesar 10 ribu per tenda per malam, tarif parkir motor menginap 5 ribu per motor per malam dan tarif MCK 5 ribu per orang per hari. Buat MCK nya, sobat bebas keluar masuk seharian mau berapa ratus kali juga dengan bayar 5 ribu rupiah.

Dan satu lagi, hampir di seluruh pantai di Gunung Kidul melarang penggunaan api unggun di pinggir pantai dengan alasan keamanan dan kebersihan pantai. Jika sobat ingin bakar api unggun, pihak pengelola menyediakan kayu bakar + tong buat menampung api unggun biar nggak mengotori pantai.

Harga terbaru yang ane dapatkan, paket kayu bakar + tong + jaminan api unggun menyala selama 2 jam (kalau api unggun dalam kurun waktu tersebut mati, mereka akan menambah kayu bakar lagi) adalah 25 ribu rupiah. Kalau hanya tong saja atau kayu bakar saja, 15 ribu rupiah.

Informasi Penting

Harga Tiket Masuk Pantai Siung: IDR 10.000
Jam Operasional : 24 Jam
Alamat Pantai Siung: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Rute Perjalanan ke Pantai Siung: Wonosari - Tepus - Purwodadi - Pantai Siung


 
 
Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368