BLANTERVIO102

7 Tips Belanja Hemat Saat Plesir Versi Gembell Plesir

7 Tips Belanja Hemat Saat Plesir Versi Gembell Plesir
28 Juni 2018
Src : google.com

Plesir ke suatu tempat kurang afdhol rasanya kalo gak beli oleh-oleh khas daerah setempat. Tapi ngomongin oleh-oleh dan belanja, sobat juga wajib berhemat dan gak boleh boros. Namanya juga backpacker, segalanya harus serba irit dan budget sedikit. Biar pengeluaran gak boros dan meledak waktu belanja oleh-oleh, berikut ane berikan tips belanja hemat saat plesir.

1. Buat Daftar Belanja Oleh-Oleh

Tulis dan daftar dulu barang dan oleh-oleh apa aja yang akan 
 kita beli. Tulis secara jelas dan pasti, sesuaikan dengan budget yang ada. Jangan berbelanja lebih dari budget yang sudah ditentukan.

2. Tentukan Maksimal Budget

Sebelum berbelanja dan membeli oleh-oleh, siapkan dulu maksimal budget yang akan kita gunakan. Jangan sampe duit ludes cuma buat belanja doang. Tentukan budget maksimal buat belanja oleh-oleh dan disiplin dalam membelanjakannya.

BACA JUGA :

10 Tips Wisata Murah Ala Gembell Plesir

3. Belanja di Pasar

Kenapa harus di pasar? Karena seperti yang kita tahu, harga barang di pasar jauh lebih murah daripada harga barang di toko dan di tempat penjualan cinderamata. Bahkan, harga di pasar bisa 50% lebih murah daripada di toko dan penjualan cinderamata.

4. Selalu Tawar Barang

Kalo sobat udah belanja di pasar, jangan lupa buat selalu menawar barang sebelum membelinya. Menawar adalah mutlak dan wajib dilakukan. Mulailah menawar dengan setengah harga, rayu tuh penjual dengan rayuan maut sobat. Kalo nggak berhasil, naikin sedikit demi sedikit. Biasanya, para penjual udah naikin harga tersebut 20-30% nya. Tinggal pinter-pinter nya aja gimana merayu tuh penjual.

5. Jangan Belanja di Tempat Wisata

Biasanya, barang yang dijual di tempat wisata jauh lebih mahal daripada barang yang dijual di pasar. Jangan pernah membeli barang di tempat wisata kalo memang tuh barang bisa didapetin di pasar. Kalaupun seandainya tuh barang cuma ada di tempat wisata tersebut, jangan ragu buat MENAWAR. Tawarlah dengan cara seperti di atas tadi.

6. Jangan Terpaku Pada 1 Penjual

Kalo memang belum dapet harga yang pas dan sesuai, jangan ragu buat pergi dan cari tempat lain yang menjual barang yang sama. Jangan terpaku sama 1 penjual aja, cari ditempat lain. Bisa jadi, harga di tempat lain lebih murah daripada harga di tempat tadi.

7. Gunakan Bahasa Daerah Setempat

Penjual akan memberikan harga yang lebih tinggi buat orang asing yang menggunakan logat atau bahasa yang jarang digunakan di daerah setempat. Kenapa? Karena penjual akan berpikir bahwa orang tersebut adalah wisatawan dan mempunyai banyak uang. Pelajari dulu bahasa daerah setempat, minimal buat tawar menawar harga seakan-akan sobat adalah warga sekitar.
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368