BLANTERVIO102

10 Makanan Khas Dieng - Wonosobo Yang Wajib Dicoba!!

10 Makanan Khas Dieng - Wonosobo Yang Wajib Dicoba!!
23 Juni 2018
Nggak afdhol rasanya kalau lagi jalan-jalan dan berwisata ke suatu tempat tapi enggak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Salah satunya Dataran Tinggi Dieng - Wonosobo sob, selain tempat wisata nya yang ciamik abis dan udah ane bahas dalam 10 Tempat Wisata Unggulan dan Instagrammable di Dieng, Dataran Tinggi Dieng juga mempunyai makanan khas yang wajib sobat cobain satu-satu. Apa aja itu? Ini dia 10 Makanan Khas Dieng - Wonosobo :

1. Mie Ongklok

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@masclink_kulineran

Pasti sobat udah nggak asing lagi sama makanan yang satu ini, Mie Ongklok. Mie yang cuma ada di Wonosobo dan Dataran Tinggi Dieng ini terdiri dari mie, kobis, kol, daun kucai, ditambah dengan kuah kacang yang kental dan biasa disebut dengan loh.

Kuah kental ini terbuat dari air yang di campur dengan tepung kanji yang di bumbui dengan bumbu khas Wonosobo. Paling pas dimakan saat sobat main ke Dieng dalam keadaan mie ongklok masih panas. Dan paling mantab nih, dimakan waktu malam hari yang dinginnya kebangeten banget di Dieng. Panas nya kuah mie ongklok nggak bakal kerasa sob, beneran! Kalau bisa jangan makan mie ongklok pas udah dingin, kuah nya bakal nge-jendel (apa yak, pokoknya kentel gitu lah). Makanan pendamping mie ongklok yang paling cocok nih pakai sate ayam sob. Beuuuhhh, nyummy banget!

Oh ya, nama ongklok sendiri diambil dari nama alat bantu buat memasak mie ini. Jadi ongklok itu semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai buat merebus mie dengan di naik-turunkan gitu. Kalau mau liat, bisa dicari di Pasar Wonosobo.

2. Dendeng Gepuk

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@gepuksinyonyah

Ini nih lauk yang paling mantap dari Dieng, Dendeng Gepuk namanya. Dendeng ini terbuat dari daging sapi pilihan yang dimasak dengan bumbu khas Dieng yang super sekali. Rasanya? Nggak diragukan lagi pokoknya.

Sobat bisa menemukan dendeng gepuk khas Dieng ini di toko oleh-oleh atau di pasar. Harganya murah bingit, nggak akan bikin kantong jebol.

3. Sagon

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@semiawantheo

Jujur yak, ane sendiri belom sempet liat secara langsung makanan yang satu ini. Sagon memang sangat sulit ditemui sob, makanan ini bener-bener makanan tradisional banget. Kalau mau mencoba dan mencicipi sagon, sobat bisa ke lt. 3 Pasar Induk Wonosobo.

Disana masih ada beberapa pedagang yang menjual sagon dengan harga yang murah meriah. Katanya nih, sagon ini terbuat dari sagu, parutan kelapa dan gula yang dimasak dengan dibakar di atas tungku gitu. Jadi pengen nyobain kesana nih.

4. Teh Tambi

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@bayuzakka

Teh Tambi, teh yang hanya ada di Dataran Tinggi Dieng dan Wonosobo. Teh ini mempunyai ke-khas-an tersendiri dibandingkan dengan teh lain. Rasanya tuh seger-seger wangi gimana gitu, enak banget pokoknya. Teh Tambi paling pas dan mantab disajikan dengan Tempe Kemul, Mie Ongklok dan di campur dengan Purwaceng. Mantapp!

5. Purwaceng

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@said_nidhom

Hayooo, pasti sobat udah nggak asing sama nama yang satu ini. Purwaceng memang terkenal dikalangan masyarakat buat kejantanan pria dewasa, katanya nih viagra tradisional ala Indonesia. Hihihi.

Purwaceng memang mampu mengobati berbagai macam penyakit sob, mulai dari masuk angin, saraf, nyeri otot, sampai obat anti kanker. Bisa juga buat menghangatkan tubuh disaat si dia nggak ada - nahkan -.

Sobat bisa menemukan tanaman ini dengan mudah di toko oleh-oleh atau warung pinggir jalan di sekitar Wonosobo dan Dieng. Buat yang suka minum jamu, bisa minum purwaceng langsung dengan di seduh air panas. Rasanya pahit-pahit gimana gitu. Tapi buat yang nggak suka pahit, bisa di campur madu dan teh tambi. Uenak pokoknya.

6. Tempe Kemul

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@pakdhetama

Kemul dalam bahasa jawa artinya Selimut. Tempe Kemul ini mirip-mirip tempe mendoan sob, cuma bedanya tempe kemul lebih tebal dan agak keras. Ini karena tempe kemul di selimuti tepung yang lebih banyak dan lebih gurih. Pas banget dimakan saat panas di tempat yang dingin dengan di temani teh tambi yang panas, juara!

7. Buah Carica

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@febriantipuspita89

Buah ini cuma ada di Wonosobo, di Dieng lebih tepatnya. Sobat nggak akan menjumpai Carica di tempat lain. Konon katanya buah Carica ini cuma bisa ditanam dan hidup di Dieng. Nggak percaya? Coba aja deh nanam di rumah.

Buah Carica berbentuk mirip buah pepaya, dari batang sampai buahnya sama persis buah pepaya. Sekilas kalau sobat nggak ngeh, mungkin akan menebak itu buah pepaya. Cuma bedanya, buah Carica lebih kecil dan rasanya agak aneh kalau dimakan langsung.

Biasanya buah carica dijadikan manisan, keripik, dodol atau sirup. Ane paling seneng makan carica setelah jadi manisan atau sirup, rasanya manis seger gitu. Kalau dodol nya, enggak begitu enak. Ini menurut pendapat Three pribadi yak, tergantung selera sih.

8. Kacang Dieng

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@candidieng

Kacang Dieng atau warga sekitar menyebut dengan Kacang Babi. Kok Kacang Babi? Iya karena kacang ini bentuknya gede sob, pipih dan tengahnya berwarna hitam. Rasanya? Kayak kacang pada umumnya sih, enak, gurih, renyah.

9. Opak Singkong

10 makanan khas dieng, 10 makanan khas Wonosobo
instagram/@kropakcrispy

Nah ini, sama kayak Sagon tadi sob. Ane belum sempet menjumpai secara langsung bentuk dan rasanya gimana. Tapi menurut sumber yang dapat di percaya, opak singkong terbuat dari singkong rebus yang dimasak dengan garam, lalu ditumbuk dan di pipihkan. Abis itu, di jemur sampai kering dan digoreng dengan minyak panas. Rasanya gurih asin gitu, cobain deh.

Kalau mau beli Opak Singkong, beli lah yang masih setengah matang atau biasa disebut Banggli. Nanti dirumah dimasak sendiri, jangan lupa tanya sama penjual nya gimana cara memasak opak singkong yang baik dan benar.

10. Sego Megono

10 Makanan Khas Dieng - Wonosobo Yang Wajib Dicoba!!
instagram/@dewi_sulistyo84

Sego dalam bahasa jawa artinya nasi, jadi Sego Megono artinya nasi megono. Nasi khas Dieng ini merupakan nasi putih yang di campur dengan ikan teri dan sayuran yang dipotong kecil-kecil. Masyarakat sekitar juga menyebut nya sebagai sego reged atau nasi kotor.

Kenapa nasi kotor? Karena nasinya di kotori dengan potongan sayuran dan ikan teri sob. Tapi soal rasa, jangan salah. Enak banget! Apalagi kalau di tambah tempe kemul dan nasi nya hangat, beeuuhhh mantappp!


Sumber Referensi :
www.brobali.com




Kalau dirasa artikel ini bermanfaat dan berfaedah, silahkan klik tombol share Facebook, Twitter atau Google Plus di bawah ini. Salam Gembell
Share This Article :
Tri Murjianto

Hanya seorang manusia biasa yang hobi mblayang dan blusukan ke kota orang. Kuyy Ngegembell bareng! 

TAMBAHKAN KOMENTAR

1872748957312907368